Saturday, December 15, 2018

UKBM Geografi Kelas 10 Penerapan Penelitian Geografi


UNIT KEGIATAN BELAJAR (UKB)
PENERAPAN PENELITIAN GEOGRAFI

1.   Identitas UKB:

a. Nama Mata Pelajaran                       : Geografi  X (Peminatan)
b. Semester                                              : Ganjil
c. Kompetensi Dasar                             :

KD 3.3

Memahami langkah-langkah penelitian ilmu geografi dengan menggunakan peta

KD 4.3

Menyajikan hasil observasi lapangan dalam bentuk makalah yang dilengkapi dengan peta, bagan, gambar, tabel, grafik, foto, dan/atau video

d. Indikator Pencapaian Kompetensi  :

IPK 3.3.10
Menerapkan langkah – langkah penelitian dalam suatu fenomena geosfer

IPK 4.3.9
Melakukan penelitian berdasarkan suatu fenomena geosfer

e. Materi Pokok                           : Penerapa Penelitian Geografi
f.  Alokasi Waktu                         : 90 menit
g. Tujuan Pembelajaran            :

Melalui diskusi, tanya jawab, penugasan, peserta didik dapat menerapkanlangkah-langkah penelitian sosial, membuat suatu judul pene;litian, menjelaskan metode penelitian sosial, merumuskan penentuan masalah penelitian sosial, Sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangakan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, kreativitas (4C).

2.   Kegiatan Pembelajaran

      Eksploitasi Air Berlebihan, Jakarta Terancam Tenggelam

Penurunan tanah merupakan fenomena deformasi penurunan bumi secara vertikal. Penurunan tanah dapat berlangsung dalam waktu yang lama, sehingga jika ini terjadi terus menerus, daerah yang mengalami penurunan tanah akan mengalami dampak dari penurunan itu sendiri, namun penurunan tanah di setiap daerah biasanya tidak merata.

Salah satu daerah yang mengalami penurunan tanah yang ekstreme adalah wilayah DKI Jakarta, khususnya jakarta utara. Setiap tahun terjadi penurunan tanah sekitar 5 cm samapai dengan 10 cm, yang akibatnya 40% wilayah Jakarta berada dibawah permukaan laut. Salah satu penyebab turunnya permukaan tanah di Jakarta adalah akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan.

Sejak awal tahun 2000, penduduk Jakarta memanfaatkan air tanah dalam memenuki kebutuhan mereka, mulai dari kebutuhan air minum, sampai pada industri pabrik. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan air semakin meningkat sehingga pemanfaatannya pun semakin besar.

Peningkatan pemanfaatan air yang berlebihan ini yang menyebabkan turunnya permukaan tanah di Jakarta. Peningkatan pengunaan air disebabkan oleh bebrapa faktor diantaranya, urbanisasi dan padatnya penduduk Jakarta serta aktivitas industri. Kondisi permukaan tanah akibat eksploitasi  air tanah Jakarta yang berlebihan, menyebabkan posisi Jakarta terhadap laut semakin rendah.

Kondisi ini diperburuk dengan kecenderungan meningkatnya mukia air laut akibat pemanasan global. Penurunan daratan di Ancol dan meningkatnya resiko banjir dan genangan ini dapat dijadikan indikator ancaman tenggelamnya Jakarta.

Penurunan permukaan tanah menyebabkan dampak negatif secara langsung di sekitar wilayah terdampak, seperti menyebebkan banjir dan rob di daerah pantai, keusakan pada gedung-gedung dan rumah, serta infrastruktur seperti jembatan dan jalan, bahkan dapat menjadi pemicu ledakan pipa gas.

Penurunan permukaan tahan juga berdampak pada kehidupan sosial seperti berkurangnya kualitas hidup seperti kondisi sanitasi dan kesehatan diwilayah terdampak. Serta berpotensi juga menimbulkan kerugian ekonomi langsung, misalnya berkurangnya pendapatan, hilangnya mata pencaharian penduduk, guncangan bisnis, bahkan menurunnya laju pertumbuhan ekonomi.

Sumber : Luki Oka P. Dalam kompasiana.com tanggal 24 Maret 2016

1.      Lakukan penelitian berdasarkan informasi dari artikel tersebut, tentukanlah :
a.       Judul Penelitian yang akan diteliti
b.      Rumusan Masalah yang akan diteliti
c.       Data – data yang dikumpulkan
d.      Metode yang digunakan
e.       Kesimpulan sementara dari hasil penelitian

Jawaban
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

3. Rubrik Evaluasi Diri

No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1.
Dapatkah mengamati fenomena geografi


2.
Dapat merumuskan pertanyaan penelitian geografi


3.
Dapat  mengumpulkan dan mengolah data geografi


4.
Dapat menganalisis data geografi


5.       
Dapat membuat laporan geografi




Jika anda menjawab “TIDAK” pada salah satu persamaan di atas, maka pelajarilah materi tersebut dalam Buku Teks Pelajaran dengan bimbingan teman sejawat ataupun guru anda. Apabila anda menjawab “YA” pada semua pertanyaan, maka lanjutkanlah dengan meminta penilaian harian kepada guru anda.

0 comments:

Post a Comment